HAI

this is blog about heaLTHY sciens... thanks to visit my blog... :]

Bidan di Jombang Tolak Program Jaminan Persalinan

Senin, 26 Desember 2011 | aini midwife

KBR68H, Jombang – Sekitar 600-an anggota Ikatan Bidan Indonesia, IBI Jombang menolak Program Kementerian Kesehatan, Jaminan Persalinan atau Jampersal. Ketua Ikatan Bidan Indonesia Jombang Sabrina Dwi, mengatakan, penolakan itu karena minimnya anggaran yang dikucurkan Pemerintah, yakni 3,5 miliar rupiah. Dengan rincian, tiap ibu melahirkan memperoleh 350 ribu rupiah. Karena itu, Ikatan Bidan Indonesia Kombang meminta Pemerintah meninjau ulang kebijakan besaran anggaran tersebut.

"Itu memang ada usnur social, tetapi kalau itu disemuakan baik untuk yang kaya, yang sedang yang miskin, itu ya kurang tepat. Sebetulnya temen-temen bidan itu tidak keberatan, tetapi karena moral orang Indonesia ini seakan luntur, sehingga orang yang kaya merasa miskin. Kalau untuk orang miskin sich kita nggak masalah, Jadi mohon ditinjau kembali, jadi nanti untuk aplikasinya disesuaikan dengan situasi kondisi dan anggaran yang ada karena itu sulit."

Hingga saat ini program persalinan gratis di Jombang belum juga teralisasi. Padahal program tersebut sudah diluncurkan Kementerian Kesehatan pada Maret lalu. DPRD Jombang menyatakan, terlambatnya realisasi program Jampersal itu karena terkendala kucuran dana. Dewan berjanji, akan segera melakukan klarifkasi dengan Dinas Kesehatan setempat, terkait kucuran anggaran yang bersumber dari APBN itu.

Tags: | 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar