HAI

this is blog about heaLTHY sciens... thanks to visit my blog... :]

penting nya cuci tangan

Kamis, 12 Juli 2012 | aini midwife

Tahukah jika hari ini merupakan Hari Cuci Tangan Sedunia, di tahuan 2008, PBB menetapkan setiap 15 Oktober diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia.

Cuci tangan dengan menggunakan air saja merupakan hal yang umum dilakukan di seluruh dunia. Namun ternyata  kebiasaan ini kurang efektif dibandingkan dengan cuci tangan memakai sabun.  Pasalnya, sabun dapat meluruhkan lemak dan kotoran yang mengandung kuman. Dengan penggunaan yang benar, semua sabun memiliki efektifitas yang sama dalam meluruhkan kuman-kuman penyebab penyakit.
Cuci tangan pakai sabun adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penyakit diare dan pneumonia yang merupakan penyebab utama kematian anak. Setiap tahun, lebih dari 3,5 juta anak tidak dapat hidup hingga usianya yang ke-5 karena diare dan pneumonia.
Selain itu, perilaku cuci tangan pakai sabun, baik sebelum dan setelah makan, setelah
bermain, setelah BAK/BAB harus dimulai dari lingkungan terkecil yakni keluarga hingga sekolah. Dan untuk menanamkan perilaku ini lakukanlah pada anak – anak karena mereka akan merekamnya dalam ingatan dan menjadi agen perubahan.
Meski sudah sering cuci tangan, ternyata ada cara cuci tangan yang benar.


Cara cuci tangan yang benar adalah dengan mencuci tangan di air mengalir:
1. Buka keran air, basahi tangan dan berikan sabun,
2. Gosok kedua punggung tangan,
3. Lanjutkan dengan gosok jari satu persatu de
ngan menyatukan kedua telapak tangan,
4. Gosok kedua buku – buku jari,

Tags: | 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar