HAI

this is blog about heaLTHY sciens... thanks to visit my blog... :]

LIPOMA

Sabtu, 21 Januari 2012 | aini midwife

Definisi Lipoma (Tumor Lemak)
Lipoma adalah tumor lemak yang pertumbuhannya lambat dan berada di antara kulit dan lapisan otot. Seringkali lipoma mudah diidentifikasi karena tumir ini langsung bergerak juka ditekan dengan jari. Lipoma dapat terjadi pada segala usia dan tumor ini dapat bertahan dikulit selama bertahun-tahun. Tumor ini seringkali dapat terdeteksi pada usia pertengahan.

LIPOMA terjadi di punggung

Adapun gejala-gejala lipoma antara lain:
• Lokasi. Lipoma terletak di bawah kulit dan tidak menonjol.. Lipoma sering terjadi di leher, punggung, lengan dan paha.
• Rasa. Lipoma jika disentuh terasa empuk dan mudah bergerak jika sedikit ditekan dengan jari.
• Ukuran. Paling sering lipoma berukuran kecil, dengan diameter kurang dari 2 inci (5 cm). Tapi lipoma dapat tumbuh besar dengan diameter mencapai lebih dari 4 inci (10 cm).
• Sakit. Lipoma bisa juga menyakitkan jika tumor lemak ini tumbuh dan ditekan di dekat saraf, atau jika mengandung banyak pembuluh darah.
Karena pertumbuhannya lambat, Anda mungkin baru tahu memiliki lipoma setelah bertahun-tahun.

Penyebab pasti dari lipoma belum jelas hingga saat ini. Kadang lipoma terdeteksi setelah ada luka. Tapi belum diketahui apakah lipoma disebabkan oleh trauma atau mungkin pendeteksiannya hanya kebetulan saat kulit terluka. Lipoma juga cenderung terjadi pada satu keluarga, sehingga diyakini faktor genetis memiliki peran penting dalam memicu terjadinya tumor lemak ini.
Kapan ke dokter 
Lipoma jarang sekali menjadi suatu kondisi medis yang serius. Tapi jika Anda menemukan semacam gumpalan atau benjolan pada area mana saja di tubuh, segera periksakan ke dokter.

Dokter dapat membuat diagnosis dengan terlebih dulu melakukan pemeriksaan fisik terhadap gumpalan atau benjolan yang dicurigai. Jika ragu, dokter mungkin akan melakukan tes lainnya, seperti mengambil sampel jaringan (biopsy) untuk dites di laboratorium.
Jarang sekali terjadi bahwa gumpalan lemak atau benjolan di bawah kulit yang mirip lipoma, adalah bentuk dari kanker yang disebut liposarcoma. Liposarcoma sendiri adalah tumor yang dapat berubah menjadi kanker di jaringan lemak ganas. Kanker ini tumbuh cepat, biasanya menyakitkan dan tidak bergerak di bawah kulit. Jarum biopsy atau CT scan biasanya digunakan jika dokter menduga adanya liposarcoma.

Tags: | 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar